Kamis, 04 Oktober 2018

Contoh Laporan Prakerin PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

                                          LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA





Disusun oleh :


                   Nama        : Muhammad Dendy Ramadhan
                   NIS/NISN : 1150.6523/


SEKOLAH MENENGAH NEGERI 2 SUKABUMI
PROGRAM KEAHLIAN : TATA NIAGA
TAHUN 2018







                                                     
HALAMAN PENGESAHAN                      
Laporan Praktik Kerja Industri
Judul                           :
Yang telah dilaksanakan oleh siswa
Nama                          : Muhammad Dendy Ramadhan
NIS/NISN                   : 1150.6523
Program Keahlian       : Tata Niaga
Ditulis sebagai syarat kelulusan
                                                         Menyetujui
Pembimbing Sekolah                                                        Pembimbing DU/DI

.................................                                                         ................................
NIP.
Kepala Program Keahlian                                                 Pembimbing DU/DI
/.....                                                                                        PT.ALFARIA TRIJAYA

.................................                                                        ................................
NIP                                                  Mengetahui
                                                Kepala SMKN 2 SUKABUMI

                                      ...............................
                                                NIP








LEMBAR PENGUJIAN

PelaksanaanSidang / PengujianHasilPraktekKerjaIndustri (Prakerin)

 08 Februari 2018



Drs. H. Sutrisno M.M
NIP.
















KATA PENGANTAR
                Dengan mengucapkan syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa melimpahkan berkah, rahmat, taufiq, serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan praktik kerja industri di PT/Sumber Alfaria Trijaya Laporan ini di buat berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan siswa selama berada di dunia industri. Laporan ini di susun sebagai pertangungjawaban siswa selama prakerin dan berfungsi sebagai acuan dalam ujian yang dilaksanakan setelah siswa melaksanakan praktik  di dunia industri.
                Pelaksanaan Prakerin dapat berjalan lancar karena adanya dukungan kerja sama yang baik dari berbagai pihak, pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1.       Bapak Drs. Didies Darmawan, M.M selaku Kepala Sekolah
2.      Bapak Suryo Nugroho selaku General Manager PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
3.      Bapak Azam Nurzaman selaku Kepala Cabang DC. Sat Cianjur
4.      Bapak Tedi Suhendar selaku Area Manager
5.      Bapak Ujang Adie selaku Kepala Toko X-025 Sukaraja 4
6.      Bapak Drs. H. Dedi Samsuri, M.M selaku Wakil Kepala Sekolah Bagian Hubungan DU/DI
7.      Bapak Erik Setiawan, S.Pd selaku Bidang PSG
8.      Bapak Drs. H. Sutrisno M.M. selaku Ketua Kompetensi Keahlian Tata Niaga
9.      Ibu Mila Falami S.Pd. M.M selau Sekretaris Kompetensi Keahlian Tata Niaga sekaligus Pembimbing Prakerin.
10.  Ibu Dra. Inon Herlina selaku Wali Kelas XII Tata Niaga 1
11.   Seluruh Staf Pengajar dan Staf Tata Usaha SMK Negeri 2 Kota Sukabumi.
12.  Kedua orang tua yang telah memberikan do’a dan dukungan berupa moril dan materil.
13.  Dan semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian laporan ini.
   Penulis menyadari akan kekurangan-kekurangan dalam perbuatan laporan ini yang harus di benahi, oleh karna itu penulis mengharapkan masukan kritik dan saran yang bersifat membagun guna sempurnanya laporan ini dimasa mendatang. Akhir kata penulis mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. Semoga laporan Praktik Kerja Industri ini bermanfaat bagi semua pihak.
                                                                                                                                                                                                  




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………………
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………………………..
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………..
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………
                                 
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………………………
A.    Latar Belakang ………………………………………………………………………...
B.     Landasan hukum ………………………………………………………………………
C.     Tujuan Praktik industri ………………………………………………………………..
D.    Manfaat Praktik Industri ………………………………………………………………
BAB II GAMBARAN PERUSAHAAN …………………………………………………….
A.    Sejarah PT. Sumber Alfaria Trijaya …………………………………………………..
B.     Struktur Organisasi ……………………………………………………………………
C.     Kedudukan dan Letak …………………………………………………………………
D.    Prosedur Pelayanaan  ………………………………………………………………….
BAB III PELAKSANAAN PRAKTIK ……………………………………………………..
A.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik ………………………………………………
B.     Bahan dan Alat ………………………………………………………………………...
C.     Faktor Pendukung dan Penghambat Plaksanaan Praktik
D.    Laporan Kegiatan Harian ………………………………………………………………
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN ……………………………………………………...
A.    Kesimpulan …………………………………………………………………………….
B.     Saran ……………………………………………………………………………………
                
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………………….
DAFTAR LAMPIRAN ……………………………………………………………


                                                              
               BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
              Pembelajaran di SMK di rancang dengan pendekatan berbasis pada kompetensi, pendekatan bebasis pada produksi dan pendekatan berbasis di dunia kerja. Pembelajaran berbasis pada kompetensi adalah pembelajaran yang ditekankan untuk membekali kompetensi secara tuntas kepada peserta didik yang mencakup aspek sikap ( attitude ) , pengetahuan ( knowledge ) dan keterampilan ( skill ). Pembelajaran berbasis produksi adalah pembelajaran yang di tekankan pada pemerolehan hasil belajar  berupa barang atau jasa sesuai dengan standar dunia industri atau dunia usaha. Sedangkan pembelajaran berbasis di dunia kerja mengarahkan peserta didik dapat meningkatkan kompetensi nya melalui dunia kerja ini, peserta didik harus melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan persyaratan kompetensi yang di butuh kan oleh dunia kerja.
              Pada dasarnya Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) adalah suatu model penyelenggaraan pendidikan yang memadukan secara utuh dan terintegrasi kegiatan belajar siswa di sekolah dengan proses penguasaan keahlian kejuruan melalui bekerja langsung di lapangan kerja. Metode tersebut di laksanakan dalam rangka meningkatkan mutu Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) untuk mencapai relevansi antara pendidikan dengan kebutuhan tenaga kerja.
               Setelah melaksanakan kegiatan prakerin ini diharapkan siswa dapat meningkatkan keahlian professionalnya sehingga sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja, dan siswa juga dapat memiliki etos kerja yang meliputi : kemampuan kerja, motivasi kerja, inisiatif, kreatif, hasil pekerjaan yang berkualitas, disiplin waktu, dan kerajinan dalam kerja.

B.LANDASAN HUKUM
Adapun landasan hukum pelaksanaan prakerin adalah :
1.      UU No. 20 / 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.      PP . Nomor : 29/1990 tentang Pendidikan Menengah
3.      Kep. Menaker No : 285/ MEN /1991 tentang Pelaksaan Permagangan Nasional
4.      Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 0490/U/1992 tentang sekolah menengah kejuruan
5.      Surat Keputusan Mendikbud No:080/U/1993 tentang Kurikulum SMK sebagai mana telah di ubah menjadi kurikulum SMK 1999
6.      Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan no. 323/U/ 1997, tentang Penyelengaraan Prakerin SMK


C. TUJUAN PRAKTIK INDUSTRI
       Penyelangaraan Prakerin bertujuan untuk :
1.      Mengahasilkan tenaga kerja yang memilki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang di memiliki tingkat pengetahuaan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
2.      Memperkokoh hubungan keterkaitan dan kesepadaan ( link and match ) antara SMK dan industri.
3.      Meningkankan efisien proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas professional.
4.      Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
                                                            
D.MANFAAT PRAKTIK INDUSTRI
       Penyelengaraan praktik memberi keuntungan nyata bagi dunia industri antara lain :
a.       Perusahaan dapat mengenal kualitas peserta prakerin yang belajar dan bekerja di industry
b.      Umum nya peserta prakerin telah ikut dalam proses produksi secara aktif  sehingga pada pengertian tertentu peserta prakerin adalah tenaga kerja yang member keuntungan.
c.       Perusahaan dapat memberi tugas kepada peserta prakerin untuk kepentingan perusahaan sesuai kompetensi dan kemampuan yang di miliki.
d.      Selama proses pendidikan melalui kerja industri, peserta prakerin lebih mudah di atur dalam hal di siplin berupa kepatuhan terhadap peraturan perusahaan. Karena itu, sikap peserta prakerin dapat di bentuk sesuai dengan cirri khas tertentu industry.
e.       Member kepuasan bagi dunia usaha / dunia industri karena diakui ikut serta menentukan hari depan bangsa melalui Praktik Kerja Industri (prakerin).





BAB II
GAMBARAN PERUSAHAAN

A.Sejarah Singkat Alfamart
Alfamart adalah sebuah brand minimarket penyedia kebutuhan hidup sehari - hari yang dimiliki oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Pada tahun 1989 merupakan awal berdirinya Alfamart, dengan dimulainya usaha dagang rokok dan barang - barang konsumsi oleh Djoko Susanto dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikannya dijual kepada PT. HM Sampoerna pada Desember 1989. Pada tahun 1994 Struktur kepemilikan berubah menjadi 70% dimiliki oleh PT HM Sampoerna Tbk dan 30% dimiliki oleh PT Sigmantara Alfindo (keluarga Djoko Susanto).
PT. Alfa Minimart Utama (AMU) didirikan pada tanggal 27 Juli 1999, dengan pemengang saham PT. Alfa Retailindo, Tbk sebesar 51% dan PT. Lancar Distrindo sebesar 49%. PT. Alfa Minimart Utama (AMU) ini kemudian membuka Alfa Minimart pada tanggal 18 Oktober 1999 berlokasi dijalan Beringin Raya, Karawaci Tangerang.
Pada tanggal 27 Juni 2002, PT.HM Sampoerna Tbk secara resmi merestrukrurisasi kepemilikan sahamnya di PT.Alfa Retailindo Tbk. Saham HM Sampoerna di Alfa Retailindo yang semula 54,4% dikurangi menjadi 23,4%. Di sisi lain, perusahaan rokok terbesar kedua di Indonesia akan mulai menggarap serius pasar minimarket yang selama ini belum tergarap melalui Alfa .
                        
Pada tanggal 1 Agustus 2002, kepemilikan beralih ke PT. Sumber Alfaria Trijaya dengan pemegang saham PT.HM. Sampoerna, Tbk sebesar 70% dan PT.Sigmantara Alfalindo sebesar 30%. Kemudian nama Alfa Minimart diganti menjadi Alfamart pada tanggal 1 Januari 2003. Pada tahun 2005 Jumlah gerai Alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam enam tahun. Semua toko berada di pulau Jawa.
Awal tahun 2006 PT HM Sampoerna Tbk menjual sahamnya, sehingga struktur kepemilikan menjadi PT Sigmantara Alfindo (60%) dan PT Cakrawala Mulia Prima (40%). Mendapat Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu”.
Pertengahan 2007 Alfamart sebagai Jaringan Minimarket Pertama di Indonesia yang memperoleh Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu. Jumlah gerai mencapai 2000 toko dan telah memasuki pasar Lampung.
Awal 2009 menjadi perusahaan publik pada tanggal 15 Januari 2009 di Bursa Efek Indonesia disertai dengan penambahan jumlah gerai mencapai 3000 toko dan juga memasuki Pasar Bali.
VISI :
·         MENJADI JARINGAN DISTRIBUSI RETAIL TERKEMUKA YANG DI MILIKI OLEH MASYARAKAT LUAS, BERORIENTASI KEPADA PEMBEDAYAAN PENGUSAHA KECIL MEMENUHI KEBUTUHAN HARAPAN KONSUMEN, SERTA MAMPU BERSAING GLOBAL
MISI :
·         Memberikan kepuasan kepada pelanggan yang terfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul.
·         Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakan tingkah laku / etika bisnis tertinggi
·         Ikut berpartisivasi dalam membagun Negara dengan menumbuh kembangkan jiwa wiraswasta dan ke mitraan usaha.
·         Membagun organisasi global yang terpercaya,tersehat dan terus bertumbuh serta bermanfaat bagi pelanggan, pemasok, karyawan, pemegang saham, dan masyarakat pada umumnya.

BUDAYA ( 2 I & 3 K )
I ntegritas tinggi
I novasi untuk kemajuan lebih baik
K ualitas dan produktivitas yang lebih tinggi
K erja sama team
K epuasan pelanggan melalui standar pelayanan yang baik

Moto “ Belanja puas, Harga pas “   

Tugas Dan tanggung Jawab Store Crew
·         Memberikan pelayanan kepada pelanggan
·         Melaksanakan kebersihan
·         Mempersiapkan saranan kerja yang di siapkan
·         Melakukan pengawasan & dan mencegah barang barang hilang
·         Menerima penitipan barang
·         Penurunan & dan pengecekan datang barang dari DC
·         Memajang barang ( display )dan pemenuhan dari gudang toko ke area penjualan
·         Persiapan retur barang
·         Informasi dan penawaran program promosi
·         Pengecekan barang
·         Stock opename
·         Penyabaran leaflet
·         Informasi barang kosong kepada MD / Ka. Toko / Ass. Ka.Toko
·         Menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitar toko

Istilah - Istilah Dalam Toko
A.    Perisabel : barang barang yang dapat di perhatikan khusus ( telor dan roti )
B.     BKL : Barang kirim langsung
C.     DC : Development center
D.    Retur : Pengembalian barang
E.     Display : memajang barang
F.      Fifo : First in First Out
G.    Fefo : First Expire First Out
H.    Fackin g out : merapihkan barang yang ada di rak agar terlihat rapih
I.        Pre-counted : mencatat sebuah barang sebelum melakukan SO
J.       Planogram

Standar Penampilan Pramuniaga Kasir
a.       Celana jeans hitam panjang
b.      Memakai seragam
c.       Rambut pendek rapih
d.      Kaoskaki hitsm
e.       Sepatu warrior ( allstar ) standar
f.        Ikat pinggang hitam
g.      Make up standar ( wanita )
h.      Kerudung hitam polos ( wanita )
i.        ID card

Standar Ucapan Salam  Ke Konsumen   
a.       Selamat pagi selat dating di alfamart
b.      Terimakasih, senang melayani anda silakan dating kembali
                              
13 Percakapan kasir
1.      Salam
2.      Sebut nama
3.      TTS
4.      Ucapan salam
5.      Sebutan nama
6.      Tanyakan kartu member
7.      Tawarkan pulsa
8.      Tawarkan promo PDM atau JSM
9.      Tanyakan pembayaran melalui cash, kredit atau voucer
10.  Tawarkan donasi
11.  Ucapan terimakasih
12.  Senang melayani anda
13.  Silakan datang kembli






Fungsi tombol  POS / kasir
1.      F2 : list plu (melihat data harga  )
2.      F3 : calculator
3.      F4 : load data
4.      F5 : reprint ( menduplikatkan struk pembelanjaan )
5.      F6 : member ( infut member )
6.      F7 : return ( return barang )
7.      F8 : keluar
8.      F9 : tambah harga
9.      F10 : lap seles ( laporan seles )
10.  F11 : clerrek ( pergantian shif  )
Alur transaksi    
·         Tunai :
pembelanjaan menggunakan uang tunai
·         Debit :
 transaksi => Isi data card/kartu => infut jumlah pembelanjaan =>transaksikan di mesin            EDC
·         Voucer :
 masukan ke menu voucer => pilih voucer => masukan barkot voucer => masukan nilai voucer =>   enter +

Mekanisme pembayaran card
1.      Debit
Masukan ke menu card => pilih EDC yang akan di gunakan => enter => masukan no kartu => enter => gesek kartu pada mesin EDC => enter => masukan jumlah pembarayan => enter +
2.      Kredit
Masukan ke menu card => pilih EDC yang di gunakan => enter => masukan no kartu => enter => masukan kartu ke dalam mesin EDC => masukan jumlah pembayaran => enter +
3.      Prepaid
Masuk ke menu SIS => masuk ke menu transaksi => pilih PLN ( pembayaran atau pembelian ) => masuk NIK dan PIN E-trans => klik masuk => masuk ke menu prepaid => masukan no meter => masukan nominal pembelian token => bayar



Maksud  Celerrek
Penyetoran uang yang di lakukan pada saat penutupan shif dan pengecekan uang cash dengan data yang ada di komputer

1.      Devinisi E-trans
Adalah aplikasi untuk pembayaran atau pembelian transaksi Ecomers
Contoh : ( bayar angsuran motor, pembelian pulsa dan pemesanan tiket kereta api )

2.      MENU E-TRAN
1.      Pembelian
2.      Pembayaran
3.      Pemesanan
4.      Pendaftaran
5.      Top up
6.      Kartu aku dan pengecekan e-voucer
7.      Pengiriman dokumen atau barang
8.      Settlement
9.      Administrasi
10.  Albi 123
11.  E-tiket
12.  Ambil uang
13.  Help
14.  Ganti password
15.  Keluar

3.      Alur pembelian evoucer
Masukan pilyou evoucer yang di inggin kan => cashten => masukan nomor handphone => enter

4.      Alur pembayaran painan motor
Masukan ke menu e-trans => masek ke menu pembayaran => pilih lising yang di gunakan costumers => masukan no kontrak ( pastikan no kontrak dan nama sesuai dengan data costumers )
5.      Pengertian settlement
Adalah laporan akhir pembayaran atau pembelian ecomers dan EDC



B. Struktur Organisasi
 STRUKTUR ORGANISASI
ALFAMART A YANI 2 SUKABUMI

Operational General  Manager

Suryo Nugroho

Branch Manager 

Azam Nurohman

Deputy Branch Manager 

Sulardi

Area Manager

Tedi Suhendar

Area Coordinator

Arif Rahman

Chief Of Store

Erik Setiawan

Assistant Chief Of Store

- Irwan Haryadi
- Cipta Lesmana
- Hari Iskandar

































 -






























































Crew 
 




























B.Kedudukan dan  Letak

PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang DC. Sat. Cianjur Toko X-025 Sukaraja 4 yang beralamat di Kp. Legok Angin Rt. 001 Rw.002  Kec. Sukaraja Desa. Sukaraja Kab. Sukabumi Provinsi Jawa Barat.
 
D.Prosedur Layanan         
Prosedur pelayanan yang diterapkan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. sebagai berikut :
Ø  Pada saat customer memasuki pintu area sales, personil toko mengucapkan salam dan tersenyum. “Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam.Selamat datang di Alfamart”
Ø  Ketika melihat customer sedang kerepotan membawa belanjaan di area sales, seorang pramuniaga harus cermat dan segera menawarkan keranjang belanja. “Silahkan keranjangnya pak/bu”.
Ø  Jika customer terlihat kebingungan, seorang pramuniaga haruslah peka dan segera menawarkan bantuan dengan ramah dan sopan. Contoh : “Selamat pagi pak/bu ada yang bisa saya bantu?”
Apabila customer membutuhkan bantuan maka pramuniaga harus segera membantunya dengan ikhlas. Apabila tidak memerlukan bantuan “Jika bapak/ibu memerlukan silahkan panggil saya (nama)”
Ø  Pada saat di area kasir, seorang kasir harus melayani customer dengan senyuman. Adapun percakapan kasir diantaranya :
1) Mengucapkan salam dan memperkenalkan nama, kemudian memastikan apa ada tambahan atau tidak. Contoh “Selamat pagi pak/bu dengan saya Ayu, ada lagi yang ingin ditambahkan?”
1)      Menanyakan kartu member Alfamart (Ponta)
2)      Menyebutkan rasa, ukuran dan expired untuk produk sensitif seperti susu.
3)      Menyebutkan jumlah total belanja.
4)      Menawarkan pulsa.
5)      Menawarkan item fokus.
6)      Menawarkan item promosi
7)      Menawarkan donasi
8)       Menyebutkan jumlah uang kembalian
9)       Mengucapkan salam “Terima kasih, saya (nama) senang melayani bapa/ibu”.
Ø  Pada saat customer hendak keluar dari area sales, pesonil mengucapkan terima kasih dan mengundang customer untuk datang kembali ke Alfamart.
           

 BAB III
PLAKSANAAN PRAKERIN

A.    TEMPAT DAN WAKTU
             Kegiatan praktek kerja industri ( PRAKERIN ) yang di laksanakan pada tanggal 06 Oktober 2017 sampai dengan tanggal 29 Desember 2017 di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Program kerja dilaksanakan denggan system 5 1 atau disebut dengan lima hari kerja satu hari libur
Waktu kerja dilaksanakan pada masuk pagi pukul 07:00 sampai dengan 15:00 , masuk middle pukul 09:00 sampai dengan pukul 17:00 , masuk siang pukul 15:11

B.     BAHAN DAN ALAT
·         Gondola
·         Wingstack
·         Chiller
·         Countener
·         Keranjang
·         Panghook
·         Alat kebersihan
·         Alat tulis

C.FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PELAKSANAAN PRAKERIN
Faktor Pendukung
           
Ada beberapa faktor pendukung yang membantu saya selama melaksanakan kegiatan Prakerin diantaranya:
1). Lingkungan kerja yang bersih
Lingkungan kerja yang bersih membuat saya merasa nyaman dalam melaksanakan tugas
2).karyawan yang baik dan ramah
Karyawan yang baik dan ramah membuat saya tidak membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja.
3). Fasilitas yang memadai
Fasilitas yang memadai dapar membantu saya sehingga kami bisa mengerjakan tugas dengan cepat

Faktor Penghambat

Dalam melaksanakan pekerjaan pasti ada berbagai hambatan. Begitu pula dengan saya yang baru mengenal dunia kerja, saya juga mengalami berbagai hambatan. Hambatan-hambatan tersebut antara lain:
1). Kurangnya pengalaman
Saya belum begitu berpengalaman sehingga pekerjaan yang saya kerjakan tersendat-sendat.
2). Kurangnya keterampilan dan kreativitas siswa
Keterampilan dan kreativitas saya masih kurang karena saya belum terjun ke lapangan kerja sebelumnya.
3). Kurangnya menguasai peralatan kantor
Ada beberapa peralatan yang belum saya kuasai, sehingga saya harus meluangkan waktu untuk berlatih terlebih dahulu.
4). Teori dan praktek yang tidak sesuai
Kurang sesuainya antara teori dan praktik yang di terima di sekolah dengan pelaksanaan atau praktik pekerjaan yang sesungguhnya di lapangan menyebabkan hasil yang dicapai kurang maksimal dalam pelaksanaannya.

                                                                                                                                              







D. Laporan Agenda Harian




PEMERINTAH KOTA SUKABUMI
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN NEGERI 2
Jalan Pelabuhan II Cipoho – Sukabumi Telp./Fax.(0266) 221589 Kota Sukabumi
Website : www.smkn2smi.sch.id E-mail : info@smkn2smi.sch.id

AGENDA HARIAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Nama Siswa                : Muhammad Dendy Ramadhan
NIS                             : 1150.6523
Kompetensi Keahlian  : Tata Niaga 01
Tempat Praktek           : PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk
                                     
No.
Hari
Tanggal
Uraian Singkat Pekerjaan /
Pengalaman yang dikerjakan
Pembimbing
Nama
Paraf
1.
Jum’at
06-10-2017
-          Opsi k3
-          Brifieng
-          Perkenalan
-          Display
Riska


2.
Sabtu
07-10-2017
-          Opsi k3
-          Display
-          Pacing out
-          Angkat barang
Cipta lesmana

3
Minggu
08-10-2017
-          Opsi k3
-          Display
-          Angkat barang
-          Melayani konsumen
-          Membersihkan rak
-          Belajar kasir
Cipta lesmana





No.
Hari
Tanggal
Uraian Singkat Pekerjaan /
Pengalaman yang dikerjakan
Pembimbing
Nama
Paraf
4
Senin
09-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Membersihkan rak
-          Angkat barang
-          Display
Cipta lemana

5
Selasa
10-10-2017
-          Opsi k3
-          Membersihkan rak
-          Pacing out
-          Melayani konsumen
-          Melaksanakn planogram
Selvi sintamala

6
Rabu
11-10-2017
-          OFF


7
Kamis 
12-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Absensi di fingerprint
-          Melaksanakan planogram
-          Melayani konsumen
Riska

8
Jumaat
13-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melayani konsumen
-          Melaksanakan planogram
-          Absensi di fingerprint
Erik setiawan

9
Sabtu
14-10-2017
-          Opsi k3
-          Melayani konsumen
-          Pacing out
-          Display
Hari iskandar

10
Minggu
15-10-2017
-          Opsi k3
-          Melayani konsumen
-          Pacing out
-          Display
-          Melaksanakan planogram
-          Absens di fingerprint
Riska





No.
Hari
Tanggal
Uraian Singkat Pekerjaan /
Pengalaman yang dikerjakan
Pembimbing
Nama
Paraf
11
Senin
16-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melayani konsumen
-          Melaksanakan planogram
-          Absensi di fingerprint

Irwan

12
Selasa
17-10-2017
-          OFF


13
Rabu
18-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Angkat barang
-          Display
Erik setiawan

14
Kamis
19-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melaksanakan planogram
-          Melayani konsumen
Hari iskndar

15
Jumaat
20-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melaksanakan planogram
-          Melayani konsumen
Cipta lesmana

16
Sabtu
21-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Melayani konsumen
Irwan

17
Minggu
22-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melakukan stock opname
-          Melayani kunsumen
-          Door too dor
Irwan

18
Senin
23-10-2017
-          OFF






No.
Hari
Tanggal
Uraian Singkat Pekerjaan /
Pengalaman yang dikerjakan
Pembimbing
Nama
Paraf
19
Selasa
24-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melaksanakan panogram
-          Angkat barang
-          Absensi di fingerprint
Hari iskandar

20
Rabu
25-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melayani konsumen
-          Angkat barang
-          Absensi di fingerprint
Cipta lesmana

21
Kamis
26-10-2017
-          Opsi k3
-          Melaksanakan planogram
-          Memasang banner
-          Absensi di fingerprint
Cipta lesmana

22
Jumaat
27-10-2017
-          Opsi k3
-          Display
-          Cek expired
-          Absensi di fingerprint
Cipta lesmana

23
Sabtu
28-10-2017
-          Opsi k3
-          Angkat barang
-          Display
-          Cek expired
-          Absensi di fingerprint
Cipta lesmana

24
Minggu
29-10-2017
-          OFF


25
Senin
30-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Cek barang expired
-          Absensi di fingerprint
Irwan

26
Selasa
31-10-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Cek barang expired
Cipta lesmana





PEMERINTAH KOTA SUKABUMI
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN NEGERI 2
Jalan Pelabuhan II Cipoho – Sukabumi Telp./Fax.(0266) 221589 Kota Sukabumi
Website : www.smkn2smi.sch.id E-mail : info@smkn2smi.sch.id

AGENDA HARIAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Nama Siswa                : Muhammad Dendy Ramadhan
NIS                             : 1150.6523
Kompetensi Keahlian  : Tata Niaga 01
Tempat Praktek           : PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk
                                     
No.
Hari
Tanggal
Uraian Singkat Pekerjaan /
Pengalaman yang dikerjakan
Pembimbing
Nama
Paraf
27
Rabu
01-11-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melayani konsumen
-          Display
-          Tukar uang
Hari iskandar

28
Kamis
02-11-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melayani konsumen
-          Angkat barang
-          Display
Cipta lesmana

29
Jumaat
03-11-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Angkat barang
-          Display
Hari iskandar

30
Sabtu
04-11-2017
-          OFF


31
Minggu
05-11-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Melakukan planogram
Hari iskandar




 No.

Hari
Tanggal
Uraian Singkat Pekerjaan /
Pengalaman yang dikerjakan
Pembimbing
Nama
Paraf
32
Senin
06-11-2017
-          SAKIT


33
Selasa
07-11-2017
-          SAKIT


34
Rabu
08-11-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melakukan planogram
-          Absensi di fingerprint
Hari iskandar

35
Kamis
09-11-2017
-          Opsi k3
-          Melakukan planogram
-          Membersihkan rak
-          Angkat barang
Irwan

36
Jumaat
10-11-2017
-          OFF


37
Sabtu
11-11-2017
-          Opsi k3
-          Melakukan stock opname
-          Membersihkan rak
Hari iskandar

38
Minggu
12-11-2017
-          Opsi k3
-          Melayani konsumen
-          Melakukan stockopname
-          Absensi difingerprint
Cipta lesmana

39
Senin
13-11-2017
-          Opsi k3
-          Melayani konsumen
-          Melakukan stockopname
-          Pacing out
Cipta lesmana

40
Selasa
14-11-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melaksanakan planogram
-          Angkat barang
-          Display barang
Cipta lesmana

41
Rabu
15-11-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melayani konsumen
Irwan



 No.
Hari
Tanggal
Uraian Singkat Pekerjaan /
Pengalaman yang dikerjakan
Pembimbing
Nama
Paraf
42
Kamis
16-11-2017
-          OFF


43
Jumaat
17-11-2017
-          Opsi k3
-          Melaksanakan planogram
-          Melaksanakan stockopname
-          Full display
Hari iskandar

44
Sabtu
18-11-2017
-          Opsi k3
-          Melaksanakan stockopname
-          Full display
Irwan

45
Minggu
19-11-2017
-          Opsi k3
-          Full display
-          Cetak harga
-          Membeli bahan-bahan untuk banner
Cipta lesmana

46
Senin
20-11-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melakukan planogram
-          Angkat galon
-          Door to door
Cipta lesmana

47
Selasa
21-11-2017
-          OFF


48
Rabu
22-11-2017
-          OFF


49
Kamis
23-11-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melakukan planogram
-          Full display
Selvi

50
Jumaat
24-11-2017
-          Opsi k3
-          Full display
-          Pacing out
Hari iskandar

51
Sabtu
25-11-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melaksanakan stockopname
Cipta lesmana



 No.
Hari
Tanggal
Uraian Singkat Pekerjaan /
Pengalaman yang dikerjakan
Pembimbing
Nama
Paraf
52
Minggu
26-11-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Mengantarkan pesanan (AlfaOnline)
-          Display
Irwan

53
Senin
27-11-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Membantu pramu melakukan kasir
Irwan

54
Selasa
28-11-2017
-          OFF


55
Rabu
29-11-2017
-          OFF


56
Kamis
30-11-2017
-          OFF






PEMERINTAH KOTA SUKABUMI
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN NEGERI 2
Jalan Pelabuhan II Cipoho – Sukabumi Telp./Fax.(0266) 221589 Kota Sukabumi
Website : www.smkn2smi.sch.id E-mail : info@smkn2smi.sch.id

AGENDA HARIAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Nama Siswa                : Muhammad Dendy Ramadhan
NIS                             : 1150.6523
Kompetensi Keahlian  : Tata Niaga 01
Tempat Praktek           : PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk
                                     
No.
Hari
Tanggal
Uraian Singkat Pekerjaan /
Pengalaman yang dikerjakan
Pembimbing
Nama
Paraf
57
Jumaat
01-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Update planogram
Cipta lesmana

58
Sabtu
02-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Menukar uang
-          Membantu pramu melakukan kasir
Cipta lesmana

59
Minggu
03-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melakukan planogram
-          Full display
-          Menukar uang
-          Angkat barang
Cipta lesmana

60
Senin
04-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Angkat barang
-          Menukar uang
-          Membeli ATK
Irwan

No.
Hari
Tanggal
Uraian Singkat Pekerjaan /
Pengalaman yang dikerjakan
Pembimbing
Nama
Paraf
61
Selasa
05-12-2017
-          OFF


62
Rabu
06-12-2017
-          OFF


63
Kamis
07-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Menukar uang
Irwan

64
Jumaat
08-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Melakukan stockopname
-          Menukar uang
Cipta lesmana

65
Sabtu
09-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Membantu pramu melakukan kasir
-          Angkat barang
Irwan

66
Minggu
10-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Melakukan stockopname
-          Menukar uang
Irwan

67
Senin
11-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Melakukan planogram
Hari iskandar

68
Selasa
12-12-2017
-          OFF


69
Rabu
13-12-2017
-          OFF






No.
Hari
Tanggal
Uraian Singkat Pekerjaan /
Pengalaman yang dikerjakan
Pembimbing
Nama
Paraf
70
Kamis
14-12-2017
-          Opsi k3
-          Angkat barang
-          Full display
-          Pacing out
Cipta lesmana

71
Jumaat
15-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Angkat barang
-          Display
Cipta lesmana

72
Sabtu
16-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Angkat barang
-          Menukar uang
Irwan

73
Minggu
17-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melakukan planogram
-          Full display
Cipta lesmana

74
Senin
18-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Melakukan planogram
-          Full display
Hari iskandar

75
Selasa
19-12-2017
-          OFF


76
Rabu
20-12-2017
-          OFF


78
Kamis
21-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Melakukan planogram
-          Menukar uang
Irwan

79
Jumaat
22-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Angkat barang
-          Display
Irwan

No.
Hari
Tanggal
Uraian Singkat Pekerjaan /
Pengalaman yang dikerjakan
Pembimbing
Nama
Paraf
80
Sabtu
23-12-207
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Melakukan planogram
Cipta lesmana

81
Minggu
24-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
Irwan

82
Senin
25-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Angkat barang
-          Display
Hari iskandar

83
Selasa
26-12-2017
-          Opsi k3
-          Pacing out
-          Full display
-          Melakukan planogram
-          Angkat barang
Cipta lesmana







BAB IV
PENUTUP

1.      Kesimpulan
Program Kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini merupakan bahan dasar untuk memperoleh pengalaman kerja khususnya menganalisis dan mempraktekkan kegiatan kerja dibidangnya. Laporan ini disajikan sesuai dengan tahapan-tahapan yang dapat dipahami sebagai bukti telah mengikuti prakerin.
Dapat disimpulkan bahwa Program Kegiatan Praktek Kerja Industri ini mengacu pada kegiatan kerja yang sebagaimana dapat menambah wawasan di dunia usaha yang bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang berkualitas agar lebih terampil dan dapat menunjang tercapainya suatu tujuan.
Dengan adanya prakerin ini, semoga dijadikan motivasi untuk mengembangkan kemampuan kerja supaya lebih terampil dan berwawasan luas dalam beradaptasi di dalam usaha.
2.      Saran
Setelah saya melaksanakan Prakerin di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart Sindang Sari Pelabuhan II) selama 3 bulan dengan pengalaman yang telah ada, maka saya sarankan:
a.       Untuk Sekolah
1)      Adanya keterkaitan penuh dalam hal informasi antara sekolah dengan perusahaan.
2)      Lebih Meningkatkan Keterampilan Siswa.
3)      Siswa harus telah siap menghadapi dunia usaha dan harus telah menguasai program keahliannya masing-masing.
4)      Guru pembimbing harus lebih aktif dalam membimbing siswa-siswi dalam melaksanakan PRAKERIN agar siswa-siswi lebih terkondisikan.

b.      Untuk Instansi
1)      Lebih Menambahkan Kepercayaan atas Kinerja Peserta Prakerin.
2)      Lebih meningkatkan lagi kedisiplinan waktunya, serta kekompakan dalam mengerjakan pekerjaan.
3)      Adanya keterkaitan penuh dalam hal informasi antara perusahaan dan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar